Perilaku Kepemimpinan dan Komitmen Karyawan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta)

Hidayat -, Surachman -, Djumilah Zain, Margono Setiawan

Abstract


Tujuan utama dari Departemen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Jakarta adalah menyediakan pelayanan yang terbaik bagi warga Jakarta. Pelayanan yang disediakan untuk warga Jakarta membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang baik dalam bekerja sebagai pegawai dan pelayan masyarakat. Tuntutan dari kependudukan dan tempat tinggal warga membutuhkan profesionalitas. Seperti yang telah diketahui bahwa warga Jakarta merupakan masyarakat yang heterogen, yang meliputi berbagai suku, ras dan kebangsaan. Hal ini dikarenakan Jakarta memiliki status sebagai Ibu Kota Negara. Permasalahan yang dihadapi oleh Departemen Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta adalah kelengkapan dokumen seperti akte lahir, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan dokumen keimigrasian yang perlu dilengkapi dengan cepat, tepat dan akurat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sampling acak, dengan mengambil 100 pegawai yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil dan aparatur pelayan masyarakat di enam unit di departemen tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dalam menentukan karakter responden dan deskripsi responden dari indikator setiap variable. Sementara itu, untuk menguji hubungan antar variabel, penelitian ini menggunakan analisis infensial dari SEM dengan AMOS 7. Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa kepemimpinan yang baik dapat meningkatkan kinerja pegawai dengan mempertimbangkan komitmen pegawai dan kepuasan dalam bekerja. Selain itu dalam meningkatkan kinerja pegawai, perilaku kepemimpinan trasformasional dan komitmen yang tinggi dari para pegawai memerlukan perhatian yang cukup serius.

Kata kunci: pengaruh kepemimpinan, komitmen pegawai, kepuasan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.