CONSUMER’S CONSIDERATION IN CHOOSING A HOSPITAL
Abstract
The purpose of the research is to find out the consumers’ consideration in choosing a hospital. The researcher utilizes the approach by measuring the impact of motivation, reference group, and marketing mix toward consumers’ decision to choose An-Nisaa’ hospital. The research is a quantitative by applying cross sectional study. Then, the researcher needs for about two months to take 70 respondents, which are taken from outpatients of polyclinic and An-Nisaa’ Hospital by utilizing questionnaire as a research instrument. By the research, the researcher applies independent and dependent variables. The independent variable consists of motivation, reference group, and marketing mix. The dependent variable consists of consumers’ decision to choose An Nisaa Hospital. The data analysis applies doubled linear analysis by using SPSS program. The result of the research shows that there is a simultaneous effect of motivation, reference group, and marketing mixed toward consumers’ decision in choosing An-Nisaa’ Hospital. Marketing mixed has a dominant influence. However, motivation partially has no effect toward consumers’ decision in choosing An-Nisaa’ Hospital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, A. I., Darmawansyah & Hamzah, A. 2013. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Memilih Layanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Siti Fatimah Makasar Tahun 2012. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan.
Amaldoss, W. & Jain, S. 2008. Trading Up: A Strategic Analysis Of Reference Group Effect. Journal Marketing Science, 27, 932 - 942.
Arumsari D & Khasanah I. 2012. Analisis Dampak Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Aqua. Program Sarjana (S1), Universitas Diponegoro.
Assael, H. 1992. Cousoumer Behaviour And Marketing Action, Boston, Pws-Kent.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Blitar. Available: Http://Blitarkab.Bps.Go.Id/Linktabelstatis/View/Id/356 [Accessed February 6 2016].
Basit, M., Sukarlan & Lusiana, D. 2014. Faktor Psikologis Klien Memilih Rumah Sakit Sari Mulia Sebagai Pelayanan Rawat Inap. Jurnal Dinamika Kesehatan, 14, 71-78.
Dian, N. & Artanti, Y. 2013. Dampak Kelompok Acuan Dan Atmosfir Restoran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbucks Coffee. Jurnal Ilmu Manajemen, 1, 414-427.
Gunawan, J., Yuniarinto, A. & Thantawi, A. 2010. Analisis Pengambilan Keputusan Rumah Tangga Dalam Membeli Produk Semen. Wacana, 13.
Gunawan, K. & Djati, S. 2011. Kualitas Layanan Dan Loyalitas Pasien (Studi Pada Rumah Sakit Umum Swasta Di Kota Singaraja Bali). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13.
Hariadi, D. & Martoadmodjo, S. 2013. Dampak Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembalian Konsumen Pada Produk Projector Microvition. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1.
Huriartanto, A., Hamid, D. & Shanti, P. 2015. Dampak Motivasi Dan Persepsi Konsumen Terhadap Pembelian Tiket Pesawat (Survei Pada Konsumen Terminal Tiket Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 28.
Hutapea, T. 2009. Faktor-Faktor Yang Memdampaki Permintaan (Demand) Masyarakat Terhadap Pemilihan Kelas Perawatan Pada Rumah Sakit Umum Dr. Syaiful Anwar Malang Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 12, 94-101.
Indayani, K., Kirya, K. & Yulianthini, N. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Memdampaki Keputusan Konsumen Dalam Membeli Mobil. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Gnesha, 2.
Kafa R 2013. Dampak Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Jasa Rumah Sakit. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8, 105 - 121.
Khudhori & Nadjib, M. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Memdampaki Keputusan Pemilihan Tempat Persalinan Pasien Poliklinik Kandungan Dan Kebidanan Rumah Sakit Imc Bintaro Tahun 2012. Universitas Indonesia.
Kotler, P. & Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jakarta, Penerbit Erlangga.
Maria, U., Rachmi, T. & Yuniarinto, A. 2011. Dampak Bauran Pemasaran ( Marketing Mix) Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalandi Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11, 384-391.
Natalia, D. & Handrijaningsih, L. 2009. Analisis Faktor- Faktor Yang Memdampaki Keputusan Penggunaan Teknologi 3g (Studi Kasus: Pelanggan Indosat Di Lingkup Mahasiswa Universitas Gunadarma). Proceeding Pesat (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Sipil), 3.
Noel, H. 2009. Basics Marketing Counsumer Behaviour. La Vergne: Ava.
Nurlia, C., Hamzah, A. & Indar 2012. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Pasien Rawat Inap Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar Tahun 2011. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan, 1.
Parubak, B., Thoyib, A. & Suman, A. 2010. Faktor Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Kain Donggala Di Kotamadya Palu. Jurnal Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 13.
Priyanto, S., Hariyanti, T. & Fatchurohmani 2012. Peran Bauran Pemasaran Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Memilih Laboratorium Rumah Sakit Al Huda Genteng BanyuwangiJurnal Aplikasi Manajemen, 10, 450 457.
Reppi, J., Tumbel, A. & Jorie, R. 2015. Analisis Dampak Persepsi Kualitas, Motivasi, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Iphone Pada Pusat Pembelanjaan Itc Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15.
Sampeluna, N., Balqis & Hamzah, A. 2013. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Rsud Lakipadada Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Administrasi & Kebijakan Kesehatan Indonesia, 2.
Saputra Pr & Samuel H 2013. Analisis Dampak Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia Di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1, 1-12.
Sari, C. C. & Andri, S. 2014. Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1, 1-9.
Schiffman, L. & Kanuk, L. L. 2008. Perilaku Komsumen, Jakarta, Pt Indeks.
Sianturi E, Erida & Nifita At 2012. Dampak Kelompok Referensi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Menggunakan Blackberry. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jambi, 1, 127-135.
Suarli, S. & Bahtiar, Y. 2012. Manajemen Dan Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis, Jakarta, Erlangga.
Supriyanti, H. & Soedjono 2012. Dampak Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Honda Vario Di Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1.
Wahyuni Du 2008. Dampak Motivasi, Persepsi, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” Di Kawasan Surabaya Barat. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10, 30-37.
DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2017.015.03.20
Refbacks
- There are currently no refbacks.