THE EFFECT OF THE QUALITY OF PHARMACEUTICAL SERVICE ON OUTPATIENT SATISFACTION OF AMELIA HOSPITAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, E. H. 2008. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Kabuapten Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Briesacher, B. & Corey, R. 1997. Patient satisfaction with pharmaceutical services at independent and chain pharmacies. Am j health system pharm, Mar 1; 54(5): 531–536.
Departemen Kesehatan RI 2006. Panduan nasional keselamatan pasien rumah sakit (patient safety). In: ri, d. K. (ed.). Jakarta: direktur jendral bina pelayanan medik.
Fahmi Khudair, I. & Asif Raza, s. 2013. Measuring patients’ satisfaction with pharmaceutical services at a public hospital in Qatar. International journal of health care quality assurance, 26, 398-419.
Fakhriadi. 2011. Analisa pengelolaan obat di instalasi farmasi rsup h. Adam malik medan. Universitas sumatera utara.
Ifmaily. 2006. Analisis pengaruh persepsi layanan farmasi pasien unit rawat jalan terhadap minat beli obat ulang di instalasi farmasi rsi. Ibnu sina - yarsi padang tahun 2006. Program pascasarjana, universitas diponegoro.
Gehrt, KC & Pinto, MB. 1993. Assessing the Viability of Situationally Driven Segmentation Opportunities in The Health Care Market. Journal of Healthcare Management vol. 38, no.2.
Herjunianto & Dewanto, A. 2014. Pengaruh waktu tunggu terhadap wait satisfaction pasien di instalasi rawat jalan rsal dr. Ramelan. Jurnal aplikasi manajemen, 12, 248-257.
Kamei, M., Teshima, K., Fukushima, N. & Nakamura, T. 2001. Investigation of patient’s demand for community pharmacies : the relationship between pharmacy services and patient satisfaction. Yakugaku Zasshi, 121, 215-220.
Kartajaya, H & Setiawan, I. 2014. WOW Marketing. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kotler, P. 2000. Manajemen pemasaran : menganailisis pasar konsumen dan perilaku pembeli jakarta, pt. Prenhalindo.
Kurniawan, D., Hasanmihardja, M. & Setiawan, D. 2009. Pengaruh kualitas pelayanan informasi obat terhadap kepuasan pasien peserta jaminan kesehatan masyarakat rawat inap di rumah sakit umum banyumas. Pharmacy, jurnal farmasi indonesia, 6.
Larson, l. N., Rovers, J. P. & Mackeigan, l. D. 2002. Patient satisfaction with pharmaceutical care: update of a validated instrument. Journal of the American pharmaceutical association (1996), 42, 44-50.
Magnadi, RH & Indriani, F. 2013. Strategi Pemasaran Kolaboratif Sebagai Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan, Sustainable Competitive Advantage (SCA), vol. 1, no. 1
Mayefis, D., Halim, A. & Rahim, R. 2015. Pengaruh kualitas pelayanan informasi obat terhadap kepuasan pasien apotek x Kota Padang (effect of drug information service quality patient satisfaction city pharmacy x Padang). Jurnal ilmu kefarmasian Indonesia, 13, 201-204.
Panvelkar, P. N., Saini, B. & Armour, C. 2009. Measurement of patient satisfaction with community pharmacy services: a review. Pharmacy world & science, 31, 525-537.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2014. Peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 58 tahun 2014 tentang standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit. Jakarta.
Purwastuti, c. R. 2005. Analisis faktor-faktor pelayanan farmasi yang memprediksi keputusan beli obat ulang dengan pendekatan persepsi pasien klinik umum di unit rawat jalan rs telogorejo semarang Universitas diponegoro.
Rahmawati, I. N. & Wahyuningsih, S. S. 2016. Faktor pelayanan kefarmasian dalam peningkatan kepuasan pasien di pelayanan kesehatan. Indonesia journal on medical science, volume 3.
Sa’adah, e., Hariyanto, T. & Rohman, F. 2015. Pengaruh mutu pelayanan farmasi terhadap kepuasan dan loyalitas pasien rawat jalan dengan cara bayar tunai. Jurnal aplikasi manajemen, 13, 65-76.
DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.01.14
Refbacks
- There are currently no refbacks.