Pengalaman Pasien Dirawat Inap di Rumah Sakit sebagai Upaya Penyusunan Strategi Pemasaran
Downloads
An increasing number of hospitals in East Java during the past five years is 20%. This raises the tight competition. The hospital did the understanding of consumer behavior to the application of the concept of customer-oriented marketing. This study examines the experiences of patients during care with phenomenological qualitative research methods to obtain the meaning of the experience of patients during care. The result of the study shows the choice of the hospital as a place for health care based on the patient’s experience before entering the hospital (patient feeling when declared sick, the search for treatment and patient experience when going to the hospital). Moreover, a patient’s view to the hospital consists of five P namely the place, price, people, product, and process. In the process of getting inpatient care in a hospital X, informants experience pleasant and unpleasant experiences. These experiences can be used to develop marketing strategies in the hospital X and conduc in accordance with the change of the current condition of the hospital and the hospital made plans in the future.
Agustin, N. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah di BPR Syariah Bakti Makmur Indah Krian Sidoarjo. IAINN Sunan Ampel.
Aji, W.K., & Soesanto, H. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Pasien Klinik As Syifa di Kab. Bekasi). Universitas Diponegoro.
An-nafi, A.F. 2009. Pengaruh Kenyamanan Lingkungan Fisik Ruang Rawat Inap Kelas III terhadap kepuasan Pasien RSU Kustati Surakarta. Skripsi, Universitas Sebelas Maret.
Anggita, D. 2012. Analisis Waktu Tunggu Pemberian Informasi Tagihan Pasien Pulang Rawat Inap di RS. Graha Permata Ibu Tahun 2012. Universitas Indonesia.
Anjaryani, W.D. 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Strata 2, Universitas Diponegoro.
Djati, S.P. & Ferrina D.E. 2014. Pentingnya Karyawan dalam Pembentukan Kepercayaan Konsumen Terhadap Perusahaan Jasa (Suatu Kajian dalam Proposisi). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 6 No.2, 114– 122.
Hatmoko, A.U. 2011. Arsitektur rumah sakit. Yogyakarta: PT Global Rancang Selaras.
Hidayati, H. 2014. Standar Pelayanan Kesehatan Pasien IGD RSU Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Jurnal Administrasi Negara, 3, 653–665.
Kemenkes 2012. Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimum di Rumah Sakit. Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G. 2006. Prinsip -Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Laporan Tahunan Rumah Sakit X 2014.
Latussholihal, A. 2011. Pola Komunikasi Perawat dan Pasien Rawat Inap dalam Pelayanan Medis di Rumah Sakit UIN Syarif Hidayatullah. UIN Sayrih Hidayatullah.
Majelis Kedokteran Etik Kedokteran Indonesia & Ikatan Dokter Indonesia 2004. Kode Etik Kedokteran Indonesia dan Pedoman Pelaksanaan Kode Etik Kedokteran Indonesia.
Mustafa, E., Hadja, V., & Jafar, N. 2012. Tingakt Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan di RSU Mamuju Privisi Sulawesi Barat. Artikel Media Gizi Masyarakat Indonesia, 2, 27–32.
Purwanto, S. 2007. Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Artikel Psikologi Klinis Perkembangan dan Sosial.
Sari, S.M. 2003. Peran Warna pada Interior Rumah Sakit berwawasan “Healing Environment†terhadap Proses Penyembuhan Pasien Jurnal Dimensi Interior 1, 141– 159.
Sukotjo, H., & Radix, S.A. 2010. Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1, 216–228.